BTemplates.com

About

Diberdayakan oleh Blogger.

Quien cocina aquí:

Blog List

Pages

BTemplates.com

Pages - Menu

Senin, 22 Agustus 2016

PENGENALAN SISCO


Assalamulaikum Wr.Rb.
Hay Guys.
Hari saya beljar tentang Pengenalan Cisco




Pengenalan Cisco

gambar router cisco

cisco IOS (internetworking operating system) merupakan operating system dari router cisco. berkenalan dengan cisco IOS merupakan hal wajib kalau mau belajar perangkat cisco. banyak deh yang mau dibahas, mulai dari hardwarenya sampai perintahnya.

cisco IOS mempunyai banyak perintah untuk konfigurasi yang berbeda dan kali ini mau ngeshare yang perintah dasarnya. tenang aja semua perintah dasarnya sama contohnya jadi kalian bisa langsung tau. dengan perintah dasar ini diharapkan kalian bisa terbiasa dengan command-linenya cisco.

saya sarankan pakai GNS3 daripada pakai Cisco Packet Tracer. selain lebih real juga tidak semua perintah di router cisco dapat dijalankan di packet tracer contohnya iBGP.

pertama, kita harus tau dulu nih struktur perintah di cisco IOS. enaknya langsung pakai gambar deh biar mudeng.
tuh cisco IOS itu punya banyak sekali perintah, dan dimasing-masing perintah terdapat argumennya. sebelumnya ada yang namanya prompt. format prompt itu terdiri dari nama/hostname dari perangkatnya dan mode. 

yang kedua kalian harus tau hirarki dari command line cisco IOS. ya sama kaya linux. kalau linux punya user biasa dan user root. tapi kalau ios punya 2 hirarki.
  1. user exec
  2. user exec itu adalah hirarki ios yang mempunyai hak akses yang terbatas. biasanya si user mode cuma bisa buat monitoring router dan tidak bisa mengkonfigurasi router dan melakukan perubahan pada router. tandanya kita di user exec itu pada prompt diakhiri sama simbol (>)
  3. privileged exec
  4. privileged exec sama dengan root user kalau di linux, punya hak akses penuh terhadap router. dapat mengubah konfigurasi dalam router. privileged exec ada anak dan cucunya. yaitu global configuration mode dan spesific configuration mode. tandanya kita di privileged exec itu pada prompt diakhiri sama simbol (#)
hirarki cisco ios
perintah-perintah dalam global configuration mode berpengaruh kepada keseluruhan router. contohnya pembuatan hostname,user,dan password berada dalam global configuration dan berefek pada seluruh router.

kalau spesific configuration mode, perintah yang dimasukan ya cuma berpengaruh pada bagian yang spesifik seperti interface pada router, konfigurasi routing dinamik, dll.


perintah hirarki ios

nah kalau udah tau bagiannya, terus kita harus tau perintah apa yang bisa digunakan supaya bisa pindah-pindah antara modenya. nah kalau lihat gambar diatas itu ada perintahnya. bingung? langsung dipraktekin aja.

mode konfigurasi

minimal kalian harus mudeng pindah mode antar user,privileged,sama global configuration. kalau dari user exec ke privileged exec harus pakai "enable" dan sebaliknya pakai "disable". kalau dari privileged exec ke global configuration mode harus pakai "configure terminal".

sebelum melangkah lebih jauh, kita lihat dulu nih komponen hardware pada router. router mempunyai banyak kesamaan hardware dengan komputer. ada 5 bagian penting pada router.
  1. CPU (central processing unit)
  2. ya namanya aja cpu, ya yang mengeksekusi perintah, kaya fungsi routing apa fungsi switching.
  3. RAM (random access memory)
  4. ram ini menyimpan instruksi dan data untuk dieksekusi sama cpu. ram juga digunakan buat nyimpen sistem operasi, file konfigurasi (running-config), tabel routing, tabel arp disaat router menyala. jadi kalau router mati semua data yang ada pada ram bakalan hilang.
  5. NVRAM (non-volatile random access memory)
  6. fungsi nvram cuma satu, yaitu buat nyimpen file konfigurasi (startup-config) kalau router mati. jadi file konfigurasi masih tetap ada yaitu pada nvram dan gaperlu konfigurasi ulang router yang mati.
  7. ROM (read-only memory)
  8. rom ini isinya program untuk POST untuk check hardware,bootstrap buat manggil IOS di flash, sama cisco IOS (mininya) kalau bootstrap gagal manggil IOS.
  9. Flash
  10. flash itu tempat penyimpanan IOSnya. dan flash itu bisa dirubah-rubah jadi bisa upgrade IOSnya. engga kaya rom.
terus kalau udah tau bagiannya, kita bahas dulu bagaimana cara booting di perangkat cisco.
  1. saat pertama kali dinyalakan, si rom akan menjalankan post untuk mengecek hardware. ngecek cpu,ram,nvram.
  2. kalau post berhasil, rom akan menyalin program bootstrap ke ram untuk dijalankan cpu. instruksi program bootstrap adalah untuk mencari dan menyalin ios ke ram. 
  3. setelah ios sudah dijalankan. bootstrap akan mencari file konfigurasi di nvram (startup config) dan menyalinnya ke ram sebagai running-configuration file.
urutan booting cisco

dengan memahami hardware dan bootingnya, kita dapat kesimpulan bahwa ada dua file konfigurasi di cisco
  1. startup configuration
  2. file ini letaknya di nvram, tidak hilang saat tidak ada daya. soalnya non volatile. file ini yang akan dicari oleh bootstrap sebagai file konfigurasi. dan akan disalin ke ram sebagai running configuration.
  3. running configuration
  4. file ini adalah file salinan dari file di nvram yaitu startup configuration. file ini yang akan dieksekusi oleh cpu dan mengkonfigurasi router.
kalau saat booting file startup-config di copy ke ram untuk dijadikan running-config. tapi kalau mau agar konfigurasi yang kita lalukan ke router engga hilang saat router mati. kita salin file running-config ke startup-config. jadi kalau booting lagi konfigurasi kita engga bakalan ilang.
file konfigurasi
terus gimana caranya kalau mau save konfigurasi di cisco? yok langsung dipraktekin aja. konfigurasinya di privileged mode.
router#copy running-config startup-config
save konfigurasi

kalau router baru direset, tidak akan ada file startup-config jadi router akan meminta konfigurasi awal saat booting.

baca juga : mereset router cisco

bisa di pilih si mau pakai prosedurnya konfigurasi awal cisco atau pilih no buat ngeskip. tapi kalau udah ada file startup-config kita bisa njalanin lagi ko prosedurnya dengan mengetikan :
router#setup
konfigurasi awal

terus kita konfigurasi hostname atau nama routernya. pemberian nama pada router sangat berguna jika kita mengkonfigurasi banyak router dan dalam topologi yang kompleks. langsung saja dipraktekin ya
router(config)#hostname [nama_router]
konfigurasi hostname

noh bisa dilihat, nama router yang sebelumnya R1 berubah jadi Router1. jangan lupa ya karena mengkonfigurasi hostname itu secara global berarti di global configuration mode.

terus ini nih ada perintah di cisco cukup penting, yaitu cara konfigurasi ip addressnya. kalau mau konfigurasi ip address. kita harus tau dulu nama interfaces yang ada di perangkat. kalau mau lihat daftar interfacesnya bisa pakai perintah
Router1#show ip interface brief
ya sebenarnya ada yang lain si. but kalau command di atas menurut saya paling bagus. selain nunjukin interfacesnya juga nunjukin ip address yang ada di masing-masing interface.

interface cisco

kalau udah tau nama interfacenya. kita konfigurasi ip addressnya. oh iya konfigurasi ip address itu termasuk spesific configuration.
router1(config)#interface [nama-interface]
router1(config-if)#ip address [ip-addressnya] [netmask]
router1(config-if)#no shutdown
catatan : semua interface pada router defaultnya tidak aktif, jadi kita harus aktifin dulu pakai perintah no shutdown.
topologi
prakteknya langsung pakai topologi dan jangan lupa dikonfigurasi dulu tuh yang udah ada di atas biar engga lupa. biasanya si kalau pakai simulator udah ada nama interfacenya jadi engga usah lihat dulu interface yang mana

konfigurasi ip address
konfigurasi ip address
kalau udah konfigurasi ip address kita cek pakai ping. ping di IOS bisa di user exec ataupun di privileged exec.
cek konektivitas ping

 lanjut ya. terus kita mau konfigurasi keamanan routernya. ada dua lapis kemanan untuk orang supaya bisa dapat hak akses privileged. keamanan untuk masuk ke routernya sama kemananan untuk masuk ke privileged mode. sebelum kesitu ada berapa cara si untuk bisa konfig router?

secara garis besar ada dua, secara remote dengan pengalamatan ip address (vty/virtual teletype) dan langsung. contohnya secara remote itu pakai telnet atau ssh. sedangkan langsung bisa pakai port console atau aux di router.

port console dan aux

nah berarti saat mau mengkonfigurasi router ada tiga cara. bisa secara remote, bisa pakai port console dan bisa pakai port aux. nanti kita konfigurasi ketiga cara tersebut agar menanyakan password untuk memasuki user exec.

keamanan jalur

konfigurasi jalur virtual
Router1(config)#line vty 0 4
Router1(config-line)#password [password]
Router1(config-line)#login
nah untuk jalur virtual, kita konfigurasi di spesific configuration mode. karena engga ngefek ke seluruh sistem. masuknya pakai line vty, sedangkan angka 0 4 adalah sesi yang diijinkan. jadi hanya ada 5 sesi yang dapat mengakses router secara bersamaan.

konfigurasi jalur console
Router1(config)#line console 0
Router1(config-line)#password [password]
Router1(config-line)#login
sama kaya jalur virtual, kita konfignya di spesific configuration mode. masuknya pakai line console, sedangkan angka 0 menandakan bahwa hanya ada 1 port console di perangkat. ya biasanya untuk jalur console dan aux hanya tersedia 1 disetiap perangkat.

untuk aux saya sendiri belum pernah coba secara langsung. jadi maaf belum bisa ngasih tau nih. tapi kebanyakan yang dipakai ya kalau engga remote pakai console. karena paling mudah.

untuk prakteknya entaran dulu, sekarang kita konfigurasi dulu password untuk masuk ke privileged exec. sekalian aja entar konfigurasinya ya. untuk konfigurasi ini kita lakukan di global configuration mode.
router1(config)#enable [secret/password] [passwordnya]
nah, untuk passwordnya sendiri ada dua tipe, yaitu secret dan password. kalau secret dienkripsi dan password tidak dienkripsi (plain text). langsung praktek aja pakai topologi yang diatas. kita konfigurasi di semua routernya.

konfigurasi password

terus coba deh kamu telnet dari router1. kalau telnet berarti pakai jalur remote. sebelum masuk ke user exec dimintain password. terus pas masuk ke privileged juga dimintain password.

cek telnet

udah deh, sekarang saya bakal share perintah-perintah dasar cisco IOS supaya kalian bisa tau. yang pertama menampilkan jam dan tanggal
router>show clock
cek tanggal cisco ios
mengatur jam dan tanggal
router#clock set [hh:mm:ss] dd month yyyy
 udah gausah bingung sama syntaxnya haha. langsung praktik aja biar engga bingung.

konfigurasi tanggal cisco ios

menampilkan versi IOS
router>show version 
cek version cisco ios

menampilkan running configuration
router#show running-config
menampilkan konfigurasi cisco

nah untuk perintah ini akan banyak diperlukan buat ngecek konfigurasi kita ataupun melakukan troubleshooting. ingat ini running config ya. kalau cek udah ada konfigurasi kita di running config. jangan lupa disimpen ke startup config.

konfigurasi banner messeage of the day
router(config)#banner motd #[isinya]#
konfigurasi banner motd cisco

command help
nah ini sangat berguna kalau kalian lupa perintah apa yang akan dimasukan. yaitu dengan command help. command help ini simbolnya (?). langsung ke contohnya aja nih.

command help cisco

  1. misalnya kita bingung kalau habis "cl" ada perintah apa aja. ya tinggal tambahin "?". ternyata ada clear dan clock.
  2. terus kita mau konfigurasi clocknya pakai set. nah habis set itu kita harus masukin argumen apa? (hh:mm:ss Current Time) sebelah kiri bentuk argumennya, sebelah kanan penjelasannya.
command syntax check
nah cisco IOS pinter loh ternyata. dia bisa ngecek perintah yang kita masukan. apakah ada kesalahan dalam penulisan atau engga. 
ada tiga output jika kita salah memasukan perintah. yaitu incomplete command, ambigous command, dan invalid input detected.
  1. incomplete command, itu tandanya perintah yang dimasukan belum selesai. masih ada argumen yang harus dimasukan.
  2. ambiguous command, itu tandanya perintah yang dimasukan bisa bercabang. contohnya tadi "cl" bisa bercabang ke clock ataupun ke clear.
  1. invalid input detected, itu tandanya argumen kita salah syntax, dan cisco IOS akan nunjukin yang salah pakai "^". jadi kalau diatasnya ada "^" berarti perintah atau argumennya salah. sekian dan trima kasih

1 komentar: